Facebook Hoax... Lagi.

Tulisan ini saya ambil kembali dari Internet Archive: Wayback Machine dari blog terdahulu, dan sudah lebih dahulu diterbitkan di URL ini: http://saiful.web.id/2010/04/13/facebook-hoax-lagi/.

Saat saya ambil kembali, ada tulisan-tulisan berfoto yang fotonya tidak terarsipkan. Mungkin tulisan ini salah satunya.

Siang ini di akun Facebook saya ada empat pesan baru masuk. Sayangnya, semuanya adalah pesan hoax.

Inilah isi pesannya:

Facebook menjadi sangat lambat, alasannya karena pengguna yg non-aktif sangat banyak. kami mengirimkan pesan ini karena ingin melihat facebook anda aktif atau tidak aktifsilahkan kirim pesan ini ke 15 orang lain, menggunakan copy –> paste. ini berfungsi untuk menunjukkan anda aktif atau tidak.

siapa saja tidak mengirim pesan ini dlm waktu 2 minggu, maka facebooknya akan hilang untuk memberikan waktu bagi yg aktif. Facebook “Sarah Edet” telah di hapus.

Masih percaya dengan pesan seperti ini? Saya tunjukkan pada Anda bahwa pesan semacam ini yang namanya pesan palsu, sehingga Anda dapat mencegah penyebarannya di kemudian hari.

  1. Facebook menghapus akun para anggota: tidak mungkin!
    Facebook meraih pendapatan dari iklan. Itu artinya Facebook butuh banyak anggota agar iklannya dilihat banyak orang (dan diklik banyak orang). Saya tidak yakin Facebook mau menghapus akun anggotanya hanya karena alasan “penuh”. Yang akan dilakukan Facebook adalah menambah server baru, bukan menghapus akun. Lagipula menghapus satu akun sangat berisiko dan dapat menjatuhkan kredibilitas Facebook.

  2. Disebarkan lewat message? Aneh!
    Facebook adalah penguasa di situs mereka sendiri. Kenapa mereka masih menggunakan fitur Messaging untuk menyebarkan info? Mereka bisa membuat sebuah kotak info di bagian atas situs mereka seperti saat pengumuman Facebook Username di bawah ini:

  3. Facebook tidak akan mengambil resiko membuat server mereka down.
    Server-server Facebook sangatlah banyak. Satu pesan terkirim ke teman kita, tidak akan terjadi apa-apa pada server mereka. Tapi bagaimana bila Facebook mengirim pesan melalui Messaging? Kemudian setiap orang menyebarkan ke 15 orang karena ketakutan. Pelan tapi pasti, server Facebook akan segera down karena di database mereka ada pesan-pesan dobel, dari banyak orang tapi isinya sama. Dan banyak yang mengcopy paste. Hancurlah Facebook!

  4. Kenapa begini? Facebook punya database kan?
    Pikirkanlah (bagi yang mengerti) dengan hanya satu baris perintah database, moderator Facebook dapat mengetahui akun mana yang tidak aktif. Bisa berdasarkan login terakhir, komunikasi terakhir, dan sebagainya. Kenapa harus repot-repot pakai Message? Susah melacaknya, pula.

Semoga kita tidak tertipu hoax berikutnya!

Comments

comments powered by Disqus