Hitung Mundur Kematian OAuth

Tulisan ini saya ambil kembali dari Internet Archive: Wayback Machine dari blog terdahulu, dan sudah lebih dahulu diterbitkan di URL ini: http://saiful.web.id/post/9/hitung-mundur-kematian-oauth.

Saat saya ambil kembali, ada tulisan-tulisan berfoto yang fotonya tidak terarsipkan. Mungkin tulisan ini salah satunya.

Dalam waktu 9 minggu dan 3 hari dari sekarang, Twitter akan menghentikan layanan autentikasi standar dari API Twitter, dan semua aplikasi sejak tanggal 30 Juni 2010 harus menggunakan OAuth untuk mengautentikasi pengguna Twitter.

Ah! Autentikasi, OAuth, API, maksudnya apa sih?

Hm.. buat Anda yang menggunakan layanan mobile Twitter pihak ketiga seperti Dabr, Mobile Tweete pasti (atau mungkin) di awal pertama kali penggunaan disediakan dua opsi untuk login. Yang pertama, memasukkan username dan password kita, atau menggunakan OAuth, yang langsung diarahkan ke website Twitter untuk login (yang sangat boros biaya dan tidak mobile-friendly).

Nantinya, aplikasi-aplikasi seperti itu tidak boleh lagi meminta username dan password pengguna. Mereka harus menggunakan OAuth yang menjamin username dan password hanya dimasukkan di website Twitter. Masalahnya bagi para pengguna mobile hal ini merepotkan ketika harus menggunakan OAuth. Belum lagi bila handphone yang digunakan masih jaman jadul yang menginstalasi Opera Mini versi 1 aja nggak bisa.

Bagaimana menurut Anda?

Oh ya, hitung mundur Twitter dapat Anda lihat di http://www.countdowntooauth.com/.

Comments

comments powered by Disqus