Website Polres Dihack, Polres Beri Tanggapan

Tulisan ini saya ambil kembali dari Internet Archive: Wayback Machine dari blog terdahulu, dan sudah lebih dahulu diterbitkan di URL ini: http://saiful.web.id/post/30/website-polres-dihack-polres-beri-tanggapan/.

Saat saya ambil kembali, ada tulisan-tulisan berfoto yang fotonya tidak terarsipkan. Mungkin tulisan ini salah satunya.

Saya rasa inilah pertama kalinya aksi hacking sebuah situs ditanggapi dengan profesional oleh pemilik situs. Inilah yang terjadi pada website Satreskrim Polres Cilacap yang beralamat di http://satreskrim-cilacap.com/. Website tersebut berhasil ditembus oleh seorang hacker pada tanggal 27 April 2010. Ia meninggalkan sebuah pesan di sana.

Inilah isi surat tersebut (atau, buka surat aslinya di http://satreskrim-cilacap.com/component/content/article/146-surat-terbuka, karena surat berikut sudah saya edit untuk kenyamanan bersama tanpa mengurangi tujuan dan maksud surat):

Kepada Kapolres Cilacap yth.
c.q Kasat Reskrim Polres Cilacap

Mohon maaf jika apa yang saya tuliskan ini tidak berkenan di hati bapak dan jajaran. Terus terang, saya tidak terpikirkan sedikitpun untuk berniat tidak baik, jahat, merusak data, dsb. Apalagi Polres Cilacap secara tidak langsung turut memberi andil dalam pembentukan jiwa dan kepribadian saya… jadi, jangan khawatir, SAYA JAMIN tidak akan ada data yang hilang, atau informasi yang bocor.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan :

  1. Saya sampaikan dukungan apresiasi yang tinggi atas komitmen dari Jajaran Polres Cilacap untuk “Memerangi Mafia Hukum” seperti yang termuat di Portal Cilacapmedia.com.

  2. Saya sangat menyayangkan atas ke-Kurang Profesionalan Jajaran Polres Cilacap di dalam Cyber Management, ini dibuktikan dengan banyaknya domain dari jajaran. Seperti Reskrim dengan www.satreskrim-cilacap.com, Satlantas dengan www.satlantasrescilacap.com dan www.info-laka.com. Ada apa ini? Seperti ada persaingan, pengkotak-kotakan… dengan domain sedemikian berapa biaya yang dikeluarkan untuk pengelolaan ?? Pertanyaan besar saya… kenapa tidak dibuatkan single domain (domain tunggal) misalnya www.polrescilacap.go.id (tunjukkan rasa nasionalismenya) , dimana di dalammya dapat dibuatkan sub-domain sub-domain lain yang dapat digunakan untuk masing-masing satuan fungsional maupun satuan kewilayahan (polsek) sehingga nantinya didalam domain www.polrescilacap.go.id dapat ditambahkan sub-domain reskrim.polrescilacap.go.id, lantas.polrescilacap.go.id, ident.polrescilacap.go.id, majenang.polrescilacap.go.id, kroya.polrescilacap.go.id, dsb. Silahkan bertanya kepada Pemkab Cilacap yang sudah menerapkan hal seperti ini.
    Di sini akan terlihat adanya tertib data, administrasi, dan tentunya lebih hemat dalam pembiayaan. Bayangkan dengan banyak domain yang memakai dot-com, berapa biaya yang dikeluarkan? Saya sendiri tidak habis berpikir kenapa Jajaran Resort Cilacap berlomba dengan dot-com… sementara, sekedar contoh saja… Polsek Majenang hanya mengandalkan Blogspot.com yang merupakan layanan gratis dan itupun masih di-cloak dengan domain dot-co-cc … yang orang pun tahu itu juga gratis.

  3. Satu KECEROBOHAN BESAR yang sudah dilakukan oleh Jajaran Satreskrim adalah menampilkan profil dan foto dari anggota satuan. Sebatas pengetahuan saya, dimana-mana Anggota Satreskrim, Satintelkam, SatNarkoba, Densus adalah tertutup dari akses publik hal ini demi mendukung sifat operasional yang disandangnya.

  4. Meski masih perlu dibenahi di sana-sini, secara garis besar saya acungkan jempol buat Jajaran Resort Cilacap yang kini mulai bermetamorfosa dari polisi biasa-biasa saja menjadi Polisi yang Melek Teknologi.

  5. Perbaiki lagi Web Security System yang sudah ada, belajar lagi ya..

  6. Tengoklah website dilingkup Resort Cilacap yang sudah lebih baik, yang sederhana saja yaitu website Polsek Sidareja.

Hari ini, 27 April 2010

Tertanda

SAYA (titik koma)

Sekilas saya membacanya hanya kata “mantap” yang saya bisa ucapkan.. lihat saja, biasanya hacker selalu meninggalkan pesan dengan kata-kata negatif (bahkan ada juga yang memasang fotonya sendiri) tapi lihatlah pesan hacker ini setidaknya lebih membangun (meskipun disampaikan dengan cara yang salah)..

Dan Polres Cilacap menanggapinya dengan santai,

Terimakasih atas apresiasi Anda terhadap Polri khususnya Polres Cilacap, apa yang Anda sampaikan akan menjadi acuan bagi kami untuk memperbaiki segala kekurangan kami di masa yang akan datang. Karena tanpa saran dan masukan dari Masyarakat sangatlah mustahil kami bisa menjadi lebih baik.

Bravo!

Comments

comments powered by Disqus