Repositori Lokal Linux Mint 17 Qiana

Hal yang saya lakukan ketika baru melakukan instalasi Ubuntu (dan turunannya, seperti Linux Mint yang saya gunakan sekarang) adalah mengganti sumber repositori yang digunakan ke mirror-mirror yang ada di Indonesia (seperti Kambing UI, atau FTP ITB, dan mirror lainnya). Ketika saya sempat mencoba Ubuntu 14.04 LTS beberapa waktu lalu, saya menggunakan mirror ITB.

Ketika saat ini saya menggunakan Linux Mint 17 Qiana, saya menemukan bahwa ITB tidak melakukan mirror terhadap repositori Linux Mint. Hasil Google-ing singkat menunjukkan bahwa Kambing UI dan repositori UKDW-lah yang melakukan mirror terhadap repositori Linux Mint.

Sehingga, saya membuka Terminal dan mengetikkan …

sudo nano /etc/apt/sources.list

Tapi ternyata, hal ini yang saya temui:

Lho, ke mana puluhan baris yang biasa saya temui di /etc/apt/sources.list milik Ubuntu itu?

Saya mencoba mengakses System Settings bawaan dari Linux Mint 17, kemudian membuka konfigurasi Software Sources di bagian bawah. Setelah memasukkan root password, saya agak kaget dengan tampilan ini — dan langsung berdecak kagum:

Ternyata, secara standar, Linux Mint 17 sudah menyediakan opsi untuk merubah sumber repositorinya ke berbagai mirror di seluruh dunia. Kambing UI dan repositori UKDW juga tercantum di sana.

Comments

comments powered by Disqus